Transportasi Jarak Sedang : Alat dan Contoh Kasus

  • 3 min read
  • Okt 23, 2021

Transportasi Jarak Sedang

Transportasi merupakan suatu kegiatan usaha untuk memindahkan barang dan/atau penumpang dari suatu tempat ke tempat tujuan dengan tujuan tertentu. Sehari-hari kita menemui aktivitas transportasi, bahkan kita sendiri juga melakukannya. Kamu bisa mengetahui lebih dalam mengenai pengertian transportasi pada artikel bacaan ini (baca: Transportasi : Definisi, Mind Map, dan Contoh). Berdasarkan jaraknya, transportasi terbagi menjadi 3 jenis yaitu transportasi jarak dekat, transportasi jarak sedang, dan transportasi jarak jauh. Hari ini kita akan bahas mengenai transportasi jarak sedang. Untuk perbedaan dari ketiga jenis transportasi tersebut, kamu bisa mempelajarinya pada artikel bacaan berikut (baca: Transportasi Berdasarkan Jarak Yang Ditempuh)

Pada artikel lainnya sudah kami bahas mengenai transportasi jarak dekat. Kalau kamu belum membacanya, kamu bisa baca artikel Transportasi Jarak Dekat : Alat dan Contoh Kasus). Transportasi jarak dekat dapat kita kenali apabila dalam menjalani kegiatan transportasi tersebut, kita tidak keberatan bila kita tidak menggunakan alat yang lebih kompleks seperti mobil, motor. Pada transportasi jarak dekat, masih memungkinkan kita untuk melakukannya secara manual dengan tenaga dan anggota badan kita sendiri. Berbeda dengan transportasi jarak dekat, pada transportasi jarak sedang atau transportasi jarak menengah, kita akan merasa lebih membutuhkan alat yang lebih kita anggap membantu dari pada kita jalani secara manual. Alasannya tentu seperti kita terlalu banyak mengeluarkan effort, boros waktu, dan boros tenaga. Dengan menggunakan alat transportasi, maka kita akan lebih terbantu dan lebih praktis dalam melakukannya.

Contoh Alat Transportasi Jarak Sedang

Sepeda di Berlin
Sumber : commons.wikimedia.org

Sepeda

Sebelum adanya kendaraan bermotor, sepeda merupakan alat transportasi yang cukup diminati oleh sebagian besar masyarakat khususnya di Indonesia. Selain mudah dalam penggunaannya, sepeda juga bisa kita gunakan untuk kendaraan transportasi dengan jarak yang cukup jauh, tentu dengan effort yang lebih banyak dari pada menggunakan kendaraan bermotor saat ini.

Masa ini, sepeda masih cukup sering digunakan sebagai alat transportasi di pedesaan seperti buruh tani, pedagang, dll. Sedangkan di perkotaan, sepeda juga cukup diminati sebagai kendaraan komuter ramah lingkungan. Namun, seiring berkembangnya jaman, justeru sepeda kini menjadi alat transportasi sekaligus sarana olah raga dan hobi.

Penggunaan sepeda sebagai hobi dan sarana olahraga menjadikan produksi sepeda terus melonjak dan harganya bervariatif dari 1 jutaan hingga ratusan juta. Terdapat beberapa macam sepeda yang populer saat ini seperti Mountain Bike, Road Bike, Gravel Bike, BMX, Folding Bike, Push Bike, dll.

Becak
Sumber : commons.wikimedia.org

Becak

Sekarang, becak lebih sulit kita temui di area perkotaan selain sebagai media dekorasi dan wisata. Namun kamu dapat menjumpainya di pedesaan yang tentu masih asri lingkungannya. Becak menjadi moda transportasi pilihan oleh warga karena biaya jasa yang tergolong murah, dapat memuat barang bawaan cukup banyak. Menggunakan becak sebagai moda transportasi bisa menjadi media rekreasi juga karena kecepatan yang cukup damai sehingga kamu dapat menikmati pemandangan di sekitar jalanan.

Meskipun kini jarang ditemui di sekitar kota karena dianggap menimbulkan kemacetan, kini becak sudah menggunakan mesin motor untuk penggerak rodanya. Oleh karena itu, becak kini dapat lebih cepat sebagai kendaraan transportasi dan dapat menempuh jarak lebih jauh tanpa membuang banyak tenaga.

Dokar Alat Transportasi Darat
Sumber : id.wiktionary.org

Delman

Bagi kamu yang belum tau delman, delman merupakan kendaraan tradisional yang menggunakan hewan (biasanya kuda) sebagai tenaga penggeraknya. Meskipun di sini kita klasifikasikan sebagai moda transportasi jarak sedang/menengah, namun di zaman dulu manusia juga biasa menggunakan delman sebagai moda transportasi jarak jauh, misalnya untuk bepergian dari bogor ke bandung.

Delman juga sudah sulit kita jumpai di kota selain sebagai fasilitas/wahana wisata. Namun di pedesaan, kita masih dapat menemuinya sebagai moda transportasi walaupun populasi delman kini sudah tidak sebanyak dulu.

Sumber : commons.wikimedia.org

Bajaj

Bajaj sebenarnya merupakan sebuah merk kendaraan bermotor seperti layaknya honda, toyota, dan suzuki. Namun bajaj roda 3 ini sangat ikonik melekat di Indonesia khususnya di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pada dasarnya, bajaj roda 3 ini merupakan versi motor dari rickshaw (becak tarik), yaitu penumpang berada di belakang pengemudi. Kita dapat menyebutnya sebagai auto rickshaw.

Di Indonesia, auto rickshaw lebih kita kenal sebagai bajaj (bajay). Bajaj dulu berfungsi seperti layaknya becak, sebagai moda transportasi angkutan umum untuk mengangkut penumpang maupun barang di dalam kota / pedesaan. Saat ini, bajaj mempunyai bentuk lebih modern yang dapat kamu temui di beberapa kota / pedesaan di Indonesia karena dukungan pemerintah daerah setempat terhadap pengemudi becak.

Sumber : id.wikipedia.org

Perahu dayung

Masyarakat di sekitar sungai atau perairan dangkal banyak memanfaatkan perahu dayung sebagai moda transportasi. Di Laut, perahu lebih banyak kita kenali menggunakan mesin sebagai alat penggeraknya. Sebagai moda transportasi jarak dekat, perahu dayung maupun mesin dapat mengangkut muatan dan penumpang untuk menyusuri atau menyeberangi sungai / perairan.

Selain sebagai moda transportasi / angkutan umum di perairan, perahu juga banyak kita temui menjadi wahana wisata di beberapa wisata perairan seperti danau, sungai, dll.

Penutup

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Kita masih bisa menjumpai alat transportasi jarak sedang di luar sana yang mungkin belum kami sebutkan pada artikel ini. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberi manfaat dan gambaran untuk teman-teman pembaca setia website Datakoma.com. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.