Pengertian Budaya Adalah : Definisi, Klasifikasi, dan Contoh

  • 2 min read
  • Sep 23, 2021
kuda_ronggeng

Jika mendengar kata “Budaya” maka yang langsung terbayangkan dibenak kita adalah sebuah kebiasaan yang telah mandarah-daging sebuah kelompok, etnis, maupun golongan-golongan tertentu yang merepresentasikan identitas kelompok tersebut.

Budaya seringkali dikaitkan dengan kesenian, benda-benda, kebiasaan, norma, dan semua hal yang berkaitan didalam kehidupan bermasyarakat dari kelompok itu sendiri.

Terlebih lagi negara kita Indonesia memiliki banyak sekali kelompok-kelompok tersebut, mulai dari suku, adat, komunitas, daerah, kelompok agama, dan masih banyak lagi.

Namun sebenarnya apa arti budaya itu sendiri apakah yang selama ini kita fikirkan tentang budaya itu benar?

Pengertian Budaya Adalah

Menurut Antopolog Indonesia Koentjaraningrat, pengertian budaya adalah sebuah sistem gagasan dan rasa, sebuah tindakan serta karya yang dihasilkan oleh manusia yang di dalam kehidupannya yang bermasyarakat.

Selain itu Koentjaraningrat juga mendefinisikan budaya lewat asal kata budaya dalam bahasa Inggris  yaitu “colere” yang kemudian menjadi “culture” dan didefinisikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

Ki Hajar Dewantara mendefinisikan bahwa kebudayaan adalah buah budi manusia yang merupakan hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam. Hal itu merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan.

Terdapat 300 lebih kelompok etnis dan suku bangsa di Indonesia, hal ini menjadikan negara Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kekayaan budaya yang tinggi dibandingkan negara-negara lain yang ada di seluruh dunia, Indonesia sangat kaya dengan budaya tradisional yang merupakan adat istiadat yang terpelihara dari masa nenek moyang hingga saat ini, tak ayal budaya mengalami perubahan akibat akulturasi, dan penyesuaian-penyesuaian dengan kondisi sosial di masa modern saat ini.

Jenis Budaya

Budaya Nusantara terbagi menjadi dua yaitu budaya benda dan budaya non benda.

  1. Budaya Benda
    Secara garis besar, budaya benda merupakan budaya yang bisa dirasakan / ditangkap dengan indera, seperti artefak, alat kesenian, situs, dll.
  2. Budaya Non Benda
    Disebut juga sebagai budaya tak benda atau budaya hidup atau budaya non material, yaitu budaya yang tak berwujud namun dampaknya dapat dirasakan oleh pemegang budaya tersebut seperti tarian, tradisi adat istiadat, dll.

Contoh Budaya

Pada dasarnya, budaya merupakan sesuatu yang diciptakan oleh manusia dan dilestarikan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Adapun contoh budaya yang dapat kamu ketahui adalah sebagai berikut.

  1. Tarian
  2. Tradisi / Adat Istiadat
  3. Artefak
  4. Candi
  5. Situs
  6. Alat Kesenian
  7. Musik

Contoh contoh lainnya dapat kamu telusuri pada konten spesifik mengenai jenis budaya, yaitu budaya benda dan budaya non benda.

Penutup

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai budaya beserta jenis dan contohnya. Kamu dapat mempelajari banyak hal lain di website datakoma.com. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

One thought on “Pengertian Budaya Adalah : Definisi, Klasifikasi, dan Contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.