Transportasi : Definisi, Mind Map, dan Contoh

  • 3 min read
  • Okt 04, 2021
Becak Alat Transportasi

Transportasi merupakan proses perpindahan orang atau barang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Manusia umumnya berpindah menggunakan kemampuan tubuhnya dengan cara berjalan kaki untuk berpindah maupun memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Barang yang dibawa bisa dengan cara dijinjing, dipikul, atau dengan cara lain. Pada zaman dahulu, contoh barang yang dibawa oleh manusia seperti alat berburu, hewan hasil buruan, dan sebagainya. Hewan buruan yang terlampau berat dibawa dengan cara mengikat kaki pada sebatang kayu, kemudian kayu tersebut dipikul oleh dua orang. Adapun cara lainnya adalah dengan meletakan barang bawaannya pada batang-batang kayu, kemudian mereka menarik batang kayu tersebut. Seiring berkembangnya zaman, kemudian manusia mulai menggunakan tenaga hewan sebagai alat transportasi darat.

Manusia merupakan salah satu makhluk yang mempunyai akal dan pikiran. Kondisi tersebut menuntun manusia untuk terus berkembang dan berimprovisasi dalam setiap kegiatannya. Dalam transportasi, manusia menggunakan pikiran kreatifnya dalam membuat berbagai alat transportasi sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya yang ada di sekitarnya. Contohnya, untuk mengarungi sungai, bangsa Mesir menciptakan perahu yang terbuat dari batang tumbuhan papyrus, sedangkan bangsa yang hidup di area hutan tropis membuat perahu dari pohon kayu keras, dan beberapa bangsa di Asia membuat rakit dari bambu. Teknologi transportasi terus berkembang seiring berkembangnya zaman.

Definisi

Transportasi vs Transmisi

Berbicara soal perpindahan, perlu kita bedakan juga antara Transportasi dengan Transmisi. Kedua istilah tersebut sama-sama berbicara tentang perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lain. Menurut KBBI, transmisi merupakan pengiriman (penerusan) pesan dan sebagainya dari seseorang kepada orang (benda) lain. Artinya, transmisi digunakan untuk istilah perpindahan suatu obyek dari suatu subyek ke subyek lain. Misalnya, Virus Corona, berpindah dari badan Budi ke badan Andi. Contoh lainnya, file tugas presentasi berpindah dari komputer Budi ke flashdisk Andi. Virus Corona berpindah dengan udara, droplet, dll sebagai alat transmisinya, file tugas presentasi berpindah melalui rangkaian elektronik sebagai alat transmisinya.

Menurut KBBI, transportasi merupakan pengangkutan barang oleh berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kemajuan teknologi. Artinya, transportasi cenderung pada proses pengangkutan obyek dari satu tempat ke tempat lain. Obyek ini cenderung pada benda yang terlihat, bisa benda hidup seperti orang, hewan, tumbuhan, bisa juga benda mati seperti kursi, tv, amplop, dll. Jadi secara definisi, transmisi merupakan proses pengiriman atau pemindahan obyek, sedangkan transportasi merupakan proses pengangkutan obyek.

Definisi Transportasi Menurut Para Ahli

  1. Kegiatan pemindahan barang (muatan) dan penumpang dari suatu tempat ke tempat lain. Terdapat 2 unsur terpenting yaitu pemindahan/pergerakan dan secara fisik mengubah tempat dari barang (komoditi) dan penumpang ke tempat lain. (Salim, 2000)
  2. Usaha memindahkan, menggerakan, mengangkut, atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ke tempat lain, dimana di tempat lain ini objek tersebut lebih bermanfaat atau dapat berguna untuk tujuan-tujuan tertentu. (Miro, 2005)
  3. Kegiatan memindahkan atau mengangkut sesuatu dari suatu tempat ke tempat lain. (Morlok, 1978)
  4. Perpindahan barang atau penumpang dari suatu tempat ke tempat lain, dimana produk dipindahkan ke tempat tujuan dibutuhkan. (Bowersox, 1981)
  5. Perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan dari dan ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis. (Steenbrink, 1974)
  6. Suatu sistem yang terdiri dari fasilitas tertentu beserta arus dan sistem kontrol yang memungkinkan orang atau barang dapat berpindah dari suatu tempat ke tempat lain secara efisien dalam setiap waktu untuk mendukung aktivitas manusia. (Papacostas, 1987)

Dari definisi-definisi di atas, kita dapat menyimpulkan kembali bahwa transportasi merupakan suatu kegiatan usaha untuk memindahkan barang dan/atau penumpang dari suatu tempat ke tempat tujuan dengan tujuan tertentu secara efisien untuk mendukung aktivitas manusia.

Mind Map Transportasi

Mind Map Alat Transportasi Barang
Sumber: Dokumen Kemdikbud

Contoh Alat Transportasi

1. Dokar Alat Transportasi Darat

Kendaraan Dokar
Sumber: wikimedia.org

Dokar merupakan alat transportasi darat dengan hewan sebagai tenaga penariknya. Biasanya manusia menggunakan kuda untuk menarik kereta pengangkutnya. Saat ini, dokar hanya ada di beberapa daerah tertentu saja sehingga untuk area perkotaan kita akan kesulitan menemukan dokar. Dokar memang memiliki kecepatan yang terbatas sehingga manusia menganggap bahwa dokar menimbulkan kemacetan di area perkotaan. Dahulu, masyarakat menggunakan dokar untuk alat transportasi umum yang dapat kita sewa untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

2. Perahu Alat Transportasi Air

Kendaraan Perahu
Sumber: staticflickr.com

Untuk menempuh medan perairan, manusia biasa menggunakan perahu sebagai alat transportasinya. Nelayan contohnya, untuk memperoleh ikan di laut, nelayan dapat menempuh perairan untuk menuju titik lokasi keberadaan ikan dengan perahu. Begitu sudah mendapatkan hasil, nelayan mengangkut ikan-ikan tersebut dengan perahunya ke daratan.

3. Helikopter Alat Transportasi Udara

Kendaraan Helikopter
Sumber: wikimedia.org

Helikopter merupakan salah satu alat transportasi udara dengan kapasitas penumpang yang terbatas. Salah satu keunggulannya adalah kebutuhan area landasan yang kecil, sehingga memudahkan untuk menjangkau area yang sedikit ekstrem seperti lokasi kejadian bencana, lokasi proyek, dll.

Penutup

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Melalui transportasi, manusia menjadi lebih mudah dalam kegiatannya khususnya dalam berpindah/memindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Pengetahuan transportasi akan membantu kita untuk mengenal lebih banyak jenis dan bagaimana transportasi menjadi solusi atas isu yang akan kita hadapi di masa mendatang. Bahkan saat ini, transportasi menjadi suatu bidang tersendiri dalam perindustrian yang membantu perputaran roda perekonomian, menjadi sistem industri yang saling berkesinambungan antara bidang satu dengan bidang lainnya. Cobalah kaji lebih dalam untuk mengetahui barangkali kamu mempunyai minat untuk berkarir/berwirausaha di bidang tersebut. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  1. e-journal.uajy.ac.id #1
  2. e-journal.uajy.ac.id #2
  3. Dokumen Kemdikbud

Post Terkait :

4 thoughts on “Transportasi : Definisi, Mind Map, dan Contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.