Transportasi Jarak Dekat : Alat dan Contoh Kasus

  • 3 min read
  • Okt 22, 2021
gerobak_sampah

Transportasi Jarak Dekat

Pada artikel sebelumnya telah kami bahas mengenai klasifikasi transportasi berdasarkan jarak yang ditempuh. Kamu bisa baca artikel berikut (baca: Transportasi Berdasarkan Jarak Yang Ditempuh). Artikel sebelumnya membahas juga mengenai transportasi jarak dekat beserta contoh kegiatan yang termasuk dalam transportasi jarak dekat. Nah, sekarang kita akan mengetahui lebih dalam lagi, sebenarnya alat atau moda transportasi untuk jarak dekat itu apa saja? Berikut ini contoh-contohnya!

Contoh Alat Transportasi Jarak Dekat

Trolley
Sumber: flickr.com

Troli

Kalau kamu pernah berbelanja di pasar atau di swalayan pasti tidak asing dengan alat transportasi satu ini. Troli bermanfaat untuk memudahkan perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sebagai contoh Tini sedang berbelanja di swalayan. Karena barang yang akan dibeli cukup banyak, Tini tidak bisa membawanya dengan tangan saja. Selain itu, jarak antar etalase dan rak untuk barang yang akan dibeli cukup berjauhan, begitu juga jarak yang harus ia tempuh ke kasir. Oleh sebab itu, Tini menggunakan troli belanja untuk mengangkut barang belanjaannya selama di swalayan tersebut.

Contoh lain Iksan sedang mengantarkan barang suplai ke restoran. Ia menyuplai barang berupa minyak goreng yang tersimpan di dalam kardus sebanyak 20 kardus. Untuk mengangkut kardus-kardus berisi minyak dari truk ke gudang restoran, Iksan menggunakan troli supaya mempermudah proses mengangkutan kardus-kardus minyak. Dengan troli, iksan bisa mengangkut 5 kardus sekaligus dan tinggal mendorongnya sampai di gudang pabrik.

gerobak semen
Sumber: tunasmekarraya.blogspot.com

Gerobak Dorong

Ya, gerobak ada bermacam-macam. Ketika kamu sedang duduk di rumah, kemudian ada abang baso lewat bersama gerobak baksonya. Tentu gerobak tersebut menjadi alat transportasi yang dapat mengantarkan menu-menu bakso sampai ke tangan pembeli.

Contoh lain Ardi merupakan seorang pekerja bangunan. Saat ini ia sedang mengerjakan proyek pembangunan rumah. Ardi mendapat tugas dari Pak Mandor untuk mengangkut pasir yang baru saja datang ke tempat pengadukan adonan semen. Untuk itu, Ardi menggunakan gerobak dorong sehingga dapat mengangkut pasir dengan mudah karena Ardi cukup mendorong gerobak untuk sampai ke tempat pengadukan adonan semen.

katrol_bangunan
Sumber: flickr.com

Katrol

Katrol tergolong kedalam suatu jenis pesawat sederhana. Pesawat sederhana yang kita kenal lainnya ialah tuas dan bidang miring. Katrol ini berbentuk roda yang berputar pada porosnya ketika kita menggunakannya. Prinsip kerjanya adalah menarik dan mengangkat suatu benda menggunakan roda poros sehingga meringankan kita yang akan memindahkan benda tersebut ke tempat yang lebih tinggi atau lebih rendah. Roda katrol dikelilingi oleh tali yang kita kaitkan dengan benda yang akan diangkut. Cara kerjanya adalah dengan cara menarik atau mengulur salah satu sisi talinya. Namun tidak hanya itu, katrol ada beragam jenisnya yang bisa kamu ketahui.

Sebagai contoh, Dina sedang mengambil air sumur. Karena sumurnya sangat dalam, maka sangat tidak mungkin apabila Dina langsung meraihnya dengan tangan, itu sangat berbahaya. Untuk itu, Dina menggunakan katrol yang sudah terikat dengan ember untuk mengambil air dari sumur yang dalam tersebut.

Contoh lainnya, Maman merupakan pekerja proyek, kebetulan Maman mendapat perintah untuk menaikan 5 kantong semen ke lantai 5 gedung yang sedang dalam pembangunan. Maman menggunakan katrol untuk menaikan semen dari bawah ke lantai 5 tersebut.

konveyor
Sumber : streamlineit.com

Konveyor

Pernah melihat ilustrasi pabrik produksi? barang-barang produksi berjalan di atas konveyor dari satu pos ke pos lainnya. Konveyor merupakan teknologi yang memudahkan manusia dalam dunia industri yang memberikan penghematan waktu yang terbuang akibat aktivitas transportasi. Coba bayangkan ketika produk jadi proses pengemasan akan berpindah ke proses packing sekunder (kardus), berapa lama dan seberapa besar effort yang perlu kita keluarkan untuk memindahkannya jika kita lakukan secara manual?

Contoh lainnya, Ani hendak bepergian menggunakan pesawat terbang. Ani membawa tas ransel dan harus melalui proses pemeriksaan otomatis. Pihak bandara sudah menyediakan konveyor berjalan, sehingga Ani cukup meletakkan tasnya tersebut di atas konveyor. Kemudian konveyor tersebut menggerakkan tas Ani melewati sistem sensor pemeriksaan di bandara.

Forklift
Sumber : commons.wikimedia.org

Forklift

Apabila kamu belum mengenal forklift, berikut penjelasan singkatnya. Forklift adalah mobil berjalan yang memiliki 2 garpu penahan. Kamu akan mudah menemukan forklift di pabrik atau gudang besar. Biasanya, orang memanfaatkan forklift untuk mengangkat palet yang memuat barang-barang dalam jumlah yang banyak. Dengan forklift, kita bisa memindahkan barang dari 1 rak ke rak yang lain bahkan pada tempat yang sangat tinggi. Tidak hanya dari rak ke rak, namun bisa juga untuk memindahkan barang siap distribusi ke dalam bak truk / kontainer.

Sebagai contoh, Ipat merupakan operator forklift di suatu gudang penyimpanan produk. Saat itu dia mendapat tugas untuk mengambil produk di rak penyimpanan bagian atas. Produk-produk tersebut sudah tersusun menggunakan palet, sehingga Ipat bisa mengambilnya menggunakan forklift dengan mudah.

Penutup

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Di luar sana masih terdapat beragam alat transportasi jarak dekat yang bisa kita ketahui. Kamu bisa amati lebih jauh dari beragam aktivitas di sekitarmu. Daftar alat transportasi yang sudah kami sampaikan pada artikel ini kami harapkan bisa menjadi gambaran untuk teman-teman yang sedang belajar mengenai transportasi. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.