Transportasi Berdasarkan Jarak Yang Ditempuh

  • 2 min read
  • Okt 21, 2021
tol_cawang_pluit

Transportasi berdasarkan jarak yang ditempuh terbagi ke dalam beberapa jenis. Pada artikel sebelumnya (Transportasi : Definisi, Mind Map, dan Contoh), terdapat mind map mengenai transportasi yang menggambarkan bahwa transportasi berdasarkan jaraknya terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu transportasi jarak dekat, transportasi jarak sedang, dan transportasi jarak jauh. Ketiga jenis transportasi tersebut tentu sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Klasifikasi transportasi berdasarkan jarak merupakan sesuatu yang bersifat relatif. Setiap orang mempunyai pendapat mengenai anggapan jauh atau dekatnya suatu jarak. Tentu ada faktor yang mempengaruhi persepsi setiap orang. Namun kita tidak akan membahas itu di sini. Meskipun jarak merupakan sesuatu yang nilainya relatif bagi masing-masing orang, namun kami akan coba bahas ketiga jenis transportasi tersebut.

Transportasi Jarak Dekat

Transportasi jarak dekat merupakan kegiatan yang kita alami sehari-hari dan terjadi dekat dengan kita. Ada sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa semakin dekat jarak tempuh, pada umumnya orang akan cenderung memilih moda transportasi yang praktis, bahkan memilih berjalan saja (Overgaard 1966 dalam Warpani 1990). Namun, beberapa faktor juga mempengaruhi pemilihan moda transportasi. Dahulu, orang mungkin akan berjalan kaki ke warung terdekat. Sekarang, orang dapat menggunakan sepeda motor untuk belanja di warung terdekat. Tentu itu merupakan suatu kebiasaan yang berbeda dari perkembangan zaman.

Sebagai contoh untuk transportasi jarak dekat adalah sebagai berikut.

  1. Membawa barang belanjaan di swalayan
  2. Menurunkan muatan dari truk ke dalam gudang
  3. Membawa hidangan dari dapur ke ruang makan

Transportasi Jarak Sedang

Merupakan kegiatan yang masih sering kita jalani dalam kehidupan sehari-hari. Transportasi jarak jauh maupun sedang biasanya berkaitan dengan istilah logistik. Transportasi jarak sedang membutuhkan effort lebih banyak daripada transportasi jarak dekat, kita bisa mengujinya ketika kita mencoba memindahkan barang dengan berjalan kaki. Untuk itu, alat transportasi cukup diperlukan untuk membantu proses transportasi jarak sedang.

Sebagai contoh untuk transportasi jarak sedang adalah sebagai berikut.

  1. Membawa barang belanjaan dari swalayan ke rumah
  2. Mengangkut muatan dari gedung produksi ke gedung gudang penyimpanan
  3. Membawa pesanan makanan dari restoran ke rumah pembeli.

Transportasi Jarak Jauh

Berbeda dengan dua jenis transportasi sebelumnya, transportasi jarak jauh mungkin cukup jarang kita jalani, namun masih mudah kita jumpai kegiatannya. Untuk melakukan transportasi jarak jauh sangat memerlukan bantuan alat transportasi. Jika tidak, selain tidak menghemat tenaga namun juga membuang banyak waktu. Contoh kasarnya, ketika kamu hendak bepergian dari Bandung ke Jakarta, jika kamu menggunakan mobil, mungkin dalam waktu 3-4 jam kamu sudah sampai di Jakarta. Namun bayangkan apabila kamu bepergian dengan berjalan kaki, terbayang?

Sebagai contoh untuk transportasi jarak jauh adalah sebagai berikut.

  1. Membawa suplai produk dari pabrik di Cikarang ke gudang distributor di Banyumas
  2. Kegiatan mudik dari perantauan
  3. Menghadiri acara seminar, berangkat dari rumah di Surakarta ke Palembang

Penutup

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Dengan mengetahui jarak yang ditempuh, kita dapat mengklasifikasikan kegiatan-kegiatan mana saja sesuai dengan pembagiannya, sehingga berikutnya kita juga dapat menentukan moda transportasi apa yang tepat untuk proses transportasi tersebut. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

3 thoughts on “Transportasi Berdasarkan Jarak Yang Ditempuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.