5 Contoh Alat Transportasi Jarak Jauh

  • 3 min read
  • Okt 25, 2021
airbus_a380

Transportasi Jarak Jauh

Transportasi adalah kegiatan keseharian yang dapat kita jumpai di sekitar kita. Kegiatan tersebut berkaitan dengan usaha memindahkan barang dan/atau penumpang dari suatu tempat ke tempat lainnya untuk tujuan tertentu. Pembahasan mengenai transportasi juga kami bahas pada artikel lainnya, kamu dapat mempelajarinya untuk gambaran lebih jelas. (baca: Transportasi : Definisi, Mind Map, dan Contoh). Transportasi jarak jauh adalah satu dari beberapa jenis transportasi berdasarkan jaraknya. Pada artikel ini kamu akan mengetahui contoh alat transportasi jarak jauh beserta contoh kasusnya. Dua  jenis transportasi lainnya yaitu transportasi jarak dekat dan jarak sedang atau menengah. Kamu bisa mempelajarinya pada artikel lainnya yang kami bahas. (baca: Transportasi Berdasarkan Jarak Yang Ditempuh)

Berbeda dengan transportasi jarak dekat, transportasi jarak jauh tentu memiliki jarak tempuh yang lebih jauh sehingga sangat tidak disarankan jika kita menempuhnya dengan alat transportasi jarak dekat. Mengenai itu, kita tentu akan memilih moda transportasi yang lebih tangguh, lebih nyaman, lebih cepat, dan effortless dalam melakukan transportasi jarak jauh. Berjalan kaki merupakan hal yang hampir mustahil untuk menjadi pilihan dalam bertransportasi jarak jauh. Oleh sebab itu, pemanfaatan alat transportasi menjadi sangat penting tanpa harus banyak pertimbangan. Mengenai alat transportasi jarak jauh, kami sajikan beberapa contoh alat transportasi jarak jauh yang mungkin kerap kamu temui. Apa saja alat transportasi yang digunakan untuk bepergian jarak jauh?

Contoh Alat Transportasi Jarak Jauh

mitsubishi_evo
Sumber : wikimedia.org

Mobil

Menurut KBBI, Mobil adalah kendaraan yang digerakkan oleh mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Meski demikian, saat ini mobil tidak hanya tersedia dengan mesin penggerak konvensional, namun ada yang menggunakan mesin hybrid ataupun mesin elektrik.

Saat ini mobil terdiri dari beragam jenis sesuai dengan keperluannya. Mobil keluarga contohnya, terdiri dari bermacam-macam varian, mulai dari LMPV, MPV, SUV, dan sebagainya. Mobil menjadi pilihan moda transportasi yang sangat diandalkan karena kepraktisannya dan kehematannya untuk membawa angkutan baik untuk jarak menengah hingga jarak jauh.

Contoh kasusnya, Ucok berencana pulang ke kampung halaman dari perantauannya di Serang, Banten. Karena barang bawaannya tidak terlalu banyak dan keluarga kecil Ucok juga ikut, Ucok memutuskan untuk mudik dengan mobil LMPV miliknya.

KA_Jayabaya
Sumber : wikimedia.org

Kereta Api

Kereta api adalah alat transportasi yang berjalan di atas rel dan terdiri dari rangkaian gerbong yang ditarik oleh lokomotif bermesin. Karena kemampuannya mengangkut banyak penumpang dan barang, kereta menjadi alat transportasi massal yang menjadikannya sebagai moda transportasi yang sangat efektif untuk perjalanan jarak jauh.

Contoh kasusnya, Dodit yang sedang menikmati hari liburnya mendapatkan panggilan pekerjaan dari manajernya. Karena Dodit berada di kampung halaman tidak membawa kendaraan sendiri, maka Dodit berangkat kembali untuk bekerja ke kota perantauan menggunakan kereta api. Dengan kereta api, Dodit bisa memfokuskan dan menenangkan pikiran sebelum bekerja, karena di dalam kereta api Dodit dapat duduk dengan nyaman dan cepat sampai tujuan.

merpati_airlines
Sumber : wikimedia.org

Pesawat

Pesawat adalah kendaraan atau alat transportasi bermesin yang menempuh perjalanannya dengan melayang di udara. Bermula dari landasan pacu, pesawat menggunakan momentum untuk lepas landas terbang di udara. Terdapat beragam jenis pesawat sesuai peruntukannya. Untuk pesawat komersial, biasanya dapat mengangkut dari puluhan hingga ratusan penumpang dalam sekali perjalanan. Di sisi lain, pesawat juga berguna sebagai moda transportasi barang jalur udara untuk menempuh jarak yang jauh dalam waktu yang singkat.

Contoh kasusnya adalah orang tua Samsul terjadwal berangkat umroh pada hari Minggu esok. Perjalanan ke Mekkah ditempuh melalui jalur udara menggunakan pesawat. Dengan pesawat, perjalanan menjadi lebih cepat dan tidak perlu banyak transit selama perjalanan.

helikopter_2
Sumber : wikimedia.org

Helikopter

Helikopter adalah kendaraan atau alat transportasi bermesin yang menempuh perjalanan dengan cara terbang. Berbeda dengan pesawat, helikopter memanfaatkan baling-balingnya untuk terbang tanpa landasan pacu. Oleh sebab itu, helikopter sangat memungkinkan untuk menjangkau area-area tertentu yang tidak tersedia landasan pacu dan pesawat tidak dapat mendarat di tempat tersebut. Selain itu, helikopter mempunyai keunggulan lain yaitu dapat bermanuver tajam dalam area yang sempit. Namun demikian, daya angkut helikopter tidak sebesar pesawat. Sebagai alat trasportasi, helikopter bermanfaat dalam menempuh jarak yang jauh dengan ketersediaan medan landasan yang terbatas.

Contoh kasus, Kuncoro mendapat komando untuk mendampingi Presiden berkunjung ke wilayah terpencil. Karena lokasi jauh dan akses medan cenderung sulit dari jangkauan dengan kendaraan darat, maka perjalanan ke lokasi menggunakan helikopter sehingga lokasi dapat terjangkau dengan mudah dan cepat.

kapal_tongkang
Sumber : wikimedia.org

Kapal

Sedikit berbeda dengan perahu pada umumnya, kapal mempunyai daya angkut yang besar dan mesin penggerak yang lebih bertenaga. Ketersediaan mesin dan ketangguhan material pembangun kapal membuat kapal mampu mengarungi lautan samudera yang mempunyai ombak ganas, berbeda dengan perahu yang biasanya beroperasi di perairan dangkal seperti sungai dan danau. Sebagai alat transportasi air yang digunakan untuk jarak jauh, kapal mempunyai kapabilitas daya angkut yang besar dan kemampuan untuk menempuh jarak yang jauh, seperti antar pulau atau antar negara. Meski demikian, kapal cenderung mempunyai kecepatan yang jauh lebih lambat daripada pesawat yang terbang di udara.

Contoh kasus, Wanto dan teman-temannya mendapat perintah untuk mengangkut batubara dari Kalimantan menuju Cilacap. Karena batubara yang mereka bawa sangat banyak, maka Wanto membawanya menggunakan kapal tongkang melalui jalur laut.

Penutup

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Jika kamu hendak bepergian jauh atau hendak mengangkut barang bawaan dalam jarak yang jauh, kamu bisa memilih berbagai macam moda transportasi di atas. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan kamu, mulai dari kebutuhan waktu, kapasitas angkut, hingga kepraktisan. Di luar sana mungkin masih banyak alat transportasi jarak jauh yang belum kami sebutkan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *