Pengertian Pemasaran Adalah: Definisi Menurut Para Ahli

  • 2 min read
  • Des 15, 2021

Pengertian Pemasaran Dari Asal Kata

Dalam keseharian, kita sering menjumpai kata pemasaran. Istilah pemasaran itu sendiri dalam bahasa inggris yaitu marketing. Marketing berasal dari kata Market. Begitupula pemasaran, pemasaran berasal dari kata pasar. Pasar dalam bahasa inggris adalah Market.

Pada dasarnya, pasar merupakan area yang di dalamnya terdapat permintaan dan penawaran yang keduanya saling bertemu membentuk suatu harga. Oleh sebab itu, istilah marketing atau pemasaran merupakan suatu mekanisme untuk mempertemukan permintaan dan penawaran.

Pengertian Pemasaran Menurut KBBI

Istilah marketing merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang saat ini menjadi istilah serapan di dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, marketing disebut dengan pemasaran.

Kita dapat menemukan istilah pemasaran dalam KBBI yang kerap kali menjadi acuan definisi pasti dalam berbahasa Indonesia.

Pengertian pemasaran menurut KBBI adalah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Secara garis besar, pemasaran merupakan suatu mekanisme untuk mempertemukan permintaan dan penawaran. Dalam artian lain, pemasaran itu tentang mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial, yaitu “meeting needs profitably” atau memenuhi kebutuhan secara menguntungkan.

Namun, kerap kali kita menemui bahwa para ahli di luar sana mempunyai pengertian yang lebih rinci berdasarkan pemikiran dan pengalamannya.

Oleh sebab itu perlu kita ketahui bahwa pemasaran juga merupakan istilah yang kerap digunakan oleh para ahli dalam penelitiannya. Dari situ kita dapat menemukan apa yang dimaksud dengan pemasaran menurut para ahli.

  1. Marketing / Pemasaran adalah aktivitas, sekumpulan institusi, dan proses untuk membuat, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat secara luas. (American Marketing Association)
  2. Pemasaran adalah proses kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran bebas produk dan jasa yang bernilai dengan orang lain. (Kotler, P. & Keller, K. L., 2016)
  3. Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang, jasa, ide kepada pasar sasaran agar dapat mencapai tujuan organisasi. (William J. Stanton & Charles Futler)
  4. Pemasaran merupakan hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke pelanggan. (Assauri, 2008)
  5. Pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. (Usmara, 2008)
  6. Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan dan menentukan harga, memromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan hubungan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. (Firdaus, 2008)

Pesan Penutup

Dari definisi-definisi tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa terdapat dua tujuan dari pembeli dan penjual yang harus dicapai pada pemasaran, yaitu menilai kebutuhan dari pembeli potensial dan memuaskan kebutuhan tersebut.

Dapat pula kita simpulkan pemasaran sebagai upaya untuk menciptakan dan menjual produk kepada berbagai pihak, berikut dengan maksud tertentu.

Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.