Pengertian Kewirausahaan Adalah : Definisi Menurut Para Ahli

  • 2 min read
  • Sep 25, 2021
wirausahawan mempunyai jiwa kewirausahaan

Pengertian Wirausaha Dari Asal Kata

Sebelum mengenal apa itu pengertian kewirausahaan, coba kita pahami dulu dari asal katanya yaitu wirausaha. Apabila kita telusuri dari asal katanya, Wirausaha terdiri dari kata wira dan usaha. Wira artinya pejuang, pahlawan, manusia yang unggul, teladan, berbudi luhur, gagah, berani, dan berwatak agung, seperti yang biasa digambarkan dengan tokoh-tokoh pendekar di Indonesia yakni wiro sableng. Selanjutnya, Usaha artinya perbuatan amal, bekerja, melakukan sesuatu. Tujuan tidak akan tercapai tanpa adanya usaha, karena dengan usaha artinya kita berbuat, yaitu berbuat untuk tujuan tertentu.

Pengertian Wirausaha Menurut KBBI

Setelah kita mengetahui asal kata dari wirausaha, apabila kita mengacu pada KBBI, Wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat:

  1. Mengenali produk baru,
  2. Menentukan cara produksi baru,
  3. Menyusun kegiatan untuk mengadakan produk baru,
  4. Mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.

Ada yang unik dari bahasan ini, yaitu jika secara definisi, Wirausaha merujuk pada “orang”, namun seorang pelaku wirausaha disebut sebagai Wirausahawan. Jadi keduanya sama-sama merujuk kepada seorang pelaku.

Coba mana yang menurut kamu lebih tepat?

Andi adalah Wirausaha.

Andi adalah Wirausahawan.

Secara definisi, semuanya benar, namun ada definisi lebih rinci untuk Wirausahawan.  Wirausahawan disebut juga dengan Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kualitas jiwa kepemimpinan dan inovator pemikiran dalam melakukan usaha. Dapat juga mengartikannya sebagai seorang yang mampu mewujudkan ide ke dalam sebuah inovasi yang sukses.

Lebih luas lagi, kita akan mengenal istilah Kewirausahaan atau kita mengenalnya juga dengan sebutan Entrepreneurship. Tercantum dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahaan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang besar. Entrepreneurship adalah sikap dan perilaku yang melibatkan keberanian untuk mengambil risiko, kemampuan berpikir kreatif serta inovatif.

Agak susah memahami ya?

Baik, coba kita lihat definisi kewirausahaan menurut ahli.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

  1. Kewirausahaan adalah kemampuan dalam menciptakan nilai tambah melalui proses pengelolaan sumber daya secara kreatif dan inovatif. (Sari, Anggri Puspita, dkk. 2020)
  2. Kewirausahaan adalah proses menerapkan kreativitas dan inovasi, memecahkan masalah yang dihadapi setiap orang dan mencari peluang. (W. Simmerer, 1996)
  3. Kewirausahaan adalah proses penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan menemukan peluang untuk meningkatkan kehidupan (bisnis dan pekerjaan). (Mardia, dkk. 2021)

Menurut 3 definisi di atas semakin mudah ya untuk menggambarkan apa itu kewirausahaan. Kemudian kami simpulkan, kewirausahaan lebih mengarah pada proses dan kemampuan dalam berkreasi dan berinovasi serta menerapkannya untuk pemecahan masalah dan menemukan peluang dari masalah tersebut dengan menciptakan nilai tambah melalui pengelolaan sumber daya.

Pesan Penutup

Saat ini kewirausahaan menjadi suatu hal yang amat penting karena dalam kehidupan ini semakin banyak permasalahan yang bermunculan, sehingga sangat membutuhkan sosok yang dapat memberikan solusi atas masalah tersebut secara kreatif dan inovatif, memiliki nilai bisnis yang meningkatkan gairah roda perekonomian. Penting bagi diri untuk menggali potensi dan menanamkan nilai-nilai kewirausahaan. Cobalah memulai dengan mengamati peluang usaha di sekitar dari yang paling sederhana. Amati masalahnya, gunakan kreativitas dan inovasi untuk menemukan solusinya, lalu berusahalah untuk merealisasikannya. Bentuk karakteristik dalam diri sehingga menjadi seseorang yang berkompeten sebagai wirausahawan (Baca: Karakteristik Wirausahawan Yang Mungkin Kamu Punya) Semoga kesuksesan mengikuti pembaca artikel di situs DATAKOMA.COM ini.

Demikian datakoma.com sampaikan, kunjungi artikel lainnya untuk menambah wawasan. Terima kasih, semoga bermanfaat!

Post Terkait :

2 thoughts on “Pengertian Kewirausahaan Adalah : Definisi Menurut Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.