Contoh Ide Usaha yang Terinspirasi dari Budaya Non Benda

  • 4 min read
  • Sep 29, 2021

Pendahuluan

Sebelum Baca artikel ini kamu direkomendasikan untuk membaca pengantarnya dulu dong, yaitu tentang apa sih yang disebut dengan kewirausahaan? Namun terkadang untuk menemukan ide usaha yang menarik dan juga prospektif sangatlah sulit untuk ditemukan, mulai dari ide usaha untuk berkebun, berternak, membuat produk makanan, hingga berdagang atau retail barang namun sebelum kita memulai suatu bisnis anda bisa simak karakteristik apa saja sih yang harus di miliki oleh pengusaha?. Namun, ada satu segmen usaha yang jarang di lirik oleh para wirausahawan padahal memiliki prospek besar. Artinya kita dapat menjual produk tersebut tepat waktu, tepat lokasi, tepat wujud, tepat harga, dan juga tepat sasaran.

Dalam membangun sebuah usaha kita harus memiliki pondasi awal yang kuat, berkarakter, dan unik. Salah satu unsur dalam membangun usaha adalah pemilihan ide usaha atau ide bisnis. Ide bisnis sebenarnya kita dapat mendapatkannya dari mana saja. Pada zaman teknologi seperti saat ini sangatlah mudah untik menemukan informasi dalam mencari ide usaha. Terdapat banyak ide usaha yang tersebar baik dalam internet maupun sosial media yang sering masyarakat gunakan. Namun apakah ide tersebut prospektif? Apakah menjual? Dan apakah dapat bertahan apabila telah memasuki tahap eksekusi?

Dari bahasan kita pada artikel macam-macam budaya non benda. Kita tahu bahwa ada banyak sekali unsur dan ragam budaya non benda. Hal ini menandakan bahwa segmen budaya non benda memiliki potensi untuk di eksplorasi secara mendalam demi mendapatkan sebuah ide usaha.

Ide Usaha Terinspirasi dari Budaya Non Benda

Ide usaha ini adalah membuat kerajinan yang terinspirasi dari budaya daerah yang bersifat non benda. Selamat datang di Datacoma.com. Berikut ini kami sajikan 5 ide usaha yang terinspirasi dari budaya non benda dari seluruh Indonesia

Membuat dan Menerbitkan Buku Kumpulan Puisi atau Pantun

Sebagai bangsa yang sebagian besar masyarakatnya adalah rumpun melayu. Kita sudah tidak asing dengan karya sastra yang bernama puisi dan pantun. Sebenarnya masih banyak karya sastra sejenis seperti syair dan gurindam namun khusus untuk saat ini kami hanya akan fokus ke pantun dan puisi karena kedua hal tersebut yang paling melekat dalam pikiran masyarakat. Usaha ini memerlukan imajinasi dan kreatifitas dari sang pengarang. Para wirausahawan yang akan menggeluti usaha ini juga dapat membayar jasa seseorang untuk membuat sebuah pantun maupun puisi dan juga bisa menambahkan “embel-embel” cerita latar belakang  pembuatan puisi maupun pantun tersebut agar lebih menarik.

Saat ini sosial media sangat lekat dengan quotes, atau kutipan nasihat, kutipan percintaan, kutipan motivasi dan lain-lain. Hal ini dapat menjadi sebuah peluang yang bagus untuk memasukkan konten puisi maupun pantun kedalamnya karena masih dalam satu ruang lingkup yaitu kesusastraan.

Membuat dan Menerbitkan Buku Cerita Rakyat Bergambar

Buku cerita bergambar merupakan sebuah buku yang berisi mengenai cerita maupun dongeng dan fabel khas nusantara yang menyajikan cerita dan ilustrasi bergambar berdasarkan cerita yang ada. sasaran dari produknya adalah anak-anak, karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa anak-anak sangat menyukai buku cerita bergambar, selain bisa membaca cerita dongen tersebut mereka juga pasti terhibur dengan ilustrasi-ilustrasi yang tergambar dalam cerita tersebut. Dengan merintis bisnis ini anda bisa melakukannya dengan membuatnya sendiri, ataupun dengan merekrut seseorang yang dapat membuat sebuah ilustrasi berdasarkan cerita tema. Selain dapat berfungsi sebagai ladang bisnis, anda juga menjadi salah-satu pelestari budaya nusantara dari aspek cerita rakyat.

Usaha Kerajinan Pakaian Adat

Jika anda berkunjung ke sebuah lokasi wisata daerah, lokasi wisata budaya, dan cagar budaya terkadang kita menemui banyak pedagang yang menjual pakaian adat khas daerah tersebut, hal ini merupakan pasar potensial yang bisa kita masuki, dengan target kita adalah para pedagang atau reseller pakaian adat, dengan kemasan dan desain yang lebih modern kerajian pembuatan pakaian adat daerah dapat menjadi pilihan tepat untuk sebuah ide usaha. selain itu dengan tidak akan berakhirnya perputaran customer yang tidak akan pernah putus karena wisatawan akan terus menerus mendatangi lokasi wisata terkait dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi selama lokasi wisata tersebut masih terus beroperasi.

Usaha Distro Kaos Bertema Legenda Nusantara

Usaha ini banyak pengusaha-pengusaha muda yang mengangkat usaha ini karena memang pangsa pasar dari usaha ini adalah anak sesama anak muda. Saat ini usaha konveksi yang berdiri biasanya menawarkan produknya dengan distro sebagai tempat mendisplay produk-produk hasil konveksi. Hal yang perlu dipahami oleh wirausahawan yang ingin menjajaki usaha ini adalah pengetahuan tentang bahan baku kain, bahan baku sablon, dan desain grafis, karena ketiga unsur tersebut yang akan menentukan kualitas dari produk yang dihasilkan. Dan ketiga unsur tersebut memiliki segmen pasarnya masing-masing.

Terkadang ada customer yang lebih mementingkan bahan dari baju itu sendiri, Sebagian lain mementingkan bahan sablon, dan Sebagian yang lain desain grafis dari sablon yang ditawarkan. Untuk ide usaha ini, kita akan menitik-beratkan kepada desain grafis dari model baju yang akan di buat mengapa? Karena unsur-unsur lain sudah ada pakem nya jadi tidak bisa kita otak-atik. Namun, berbeda dengan unsur desain grafis pada produk distro ini, yaitu dengan tema legenda nusantara yang tentunya didesain lebih modern.

Usaha Kerajinan Alat Musik Tradisional

Usaha ini tidak banyak peminatnya karena kurang prospektif untuk sebagian orang. Namun, jika kita memasarkan produk ini dengan benar maka akan cukup menjanjikan. Diluar negeri banyak perusahaan-perusahaan yang mengkomersialkan alat musik dan bukankan alat musik tersebut awalnya adalah alat music tradisional?.

Pemasaran usaha kerajinan alat musik dapat masuk ke sektor-sektor potensial seperti

  • sekolah (untuk alat bantu ajar sekolah),
  • sanggar (untuk praktek dan belajar),
  • kafe dan restoran (untuk restoran-restoran tematik),
  • studio musik (untuk perlengkapan alat musik),
  • lokasi wisata (souvenir), dan
  • sektor luar negeri (ekspor)

Dengan memanfaatkan iklan via internet, usaha ini bukan hanya menjanjikan tapi ini bisa jadi sangat powerfull. Selain kita menjalankan bisnis kita juga dapat mengenalkan budaya Indonesia ke segala sektor, usaha dalam bidang ini dapat menumbuhkan inisiatif-inisiatif baru untuk mengangkat budaya daerah. Itulah lima ide usaha yang terinspirasi dari budaya non benda nusantara, jika ada tambahan silahkan tambahkan sendiri di kolom komentar yaa! Agar kita bisa beriskusi mengenai hal-hal tentang kewirausahaan lainnya.

Temukan lnspirasi lainnya dari budaya benda!

Post Terkait :

One thought on “Contoh Ide Usaha yang Terinspirasi dari Budaya Non Benda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.