Komunikasi Daring Singkron

  • 2 min read
  • Okt 31, 2021

Komunikasi Daring

Untuk lebih memahami mengenai materi kita kali ini tentang komunikasi daring singkron, kamu harus mempelajari terlebih dahulu apa itu komunikasi daring. Sederhananya komunikasi daring adalah tatacara dalam berkomunikasi yang penyampaian dan penerimaan pesannya terjadi dalam sebuah jaringan Internet. Komunikasi dalam jaringan biasa kita lakukan pada dunia maya atau cyberspace. Kamu bisa membaca artikel tentang apa itu komunikasi daring dari link yang tertera berikut.

Komunikasi Dalam Jaringan : Pengertian Komunikasi Daring

Jika kamu sudah yakin paham dengan materi komunikasi daring. Maka artinya kamu sudah siap dengan materi kita kali ini yaitu Komunikasi Daring Sinkron. 

Daring Singkron

Komunikasi daring sinkron atau serempak merupakan komunikasi menggunakan komputer, gadget, PC, yang terintegerasi dengan tools-tools lain seperti media sosial, dan fasilitas online lainnya sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).

Setelah internet berkembang barulah muncul metode komunikasi daring singkron yang beragam, seperti chatting, calling, video call, dan video conferrence. Berikut merupakan penjelasan dari masing-masing contoh yang yang telah kita sebutkan sebelumnya.

Daring Singkron Chatting

Ilustrasi konsep SMS Vektor Gratis

sumber : https://www.freepik.com/

Chat atau chatting merupakan komunikasi daring singkron yang menggunakan media komunikasi gadget dengan sosial media yang sudah terinstall didalamnya. bentuk komunikasi ini dapat dilakukan secara one to one artinya kita melakukan komunikasi ini secara personal contohnya Chatting yang kita lakukan dalam aplikasi whatsapp, dapat juga one to many seperti saat kita memberikan informasi mengenai pelajaran di grup kelas kita.

Aplikasi: Whatsapp, Telegram, Facebook, Line, Discord.

Daring Singkron Calling

Ilustrasi konsep pusat panggilan Vektor Gratis

sumber : https://www.freepik.com/

 

Daring Singkron Calling adalah bentuk komunikasi yang menyerupai telfon namun tidak menggunakan pulsa melainkan menggunakan kuota data internet. Dalam praktiknya sangat identik dengan tatacara menelfon orang yang kita tuju namun dalam pemrosesannya berbeda dengan telfon pada umumnya karena menggunakan jaringan internet. Whatsapp, Telegram, dan Line merupakan platform-platform yang biasa digunakan untuk kegiatan ini. daring singkron one to one dilakukan oleh satu individu ke individu lainnya seperti kegiatan menelfon biasa. Namun, kecanggihan internet sudah mewujudkan telfon grup yang artinya dapat terjadi lebih dari dua orang yang berpasangan.

Aplikasi: Whatsapp, Telegram, Line

Video Calling

Panggilan video teman-teman Vektor Gratis

sumber : https://www.freepik.com/

Daring Singkron Video Calling memungkinkan seseorang melakukan dua kegiatan sekaligus yaitu rekam video dan menelfon dalam waktu yang sama. Jika telfon hanya menghasilkan suara dari lawan bicara kita. berbeda dengan hal yang biasa disebut dengan video calling. Video Calling adalah komunikasi secara daring singkron yang menampilkan suara dan juga video.

umumnya video calling dapat kita lakukan secara personal, artinya one to one untuk membicarakan hal terntentu yang membutuhkan penglihatan mengenai hal yang terjadi secara aktual untuk disampaikan kepada lawan bicara. namun video calling juga dapat kita lakukan secara serempak dengan jumlah orang yang tidak sedikit (lebih dari 2 orang) atau biasa kita kenal sebagai video conference contoh dari kegiatan video conference adalah webinar, kelas online, dan diskusi online.

Aplikasi: Whatsapp, Telegram, Google Meet, Skype, Zoom Meeting.

Campuran

Daring singkron campuran merupakan kegiatan komunikasi dalam jaringan yang kita lakukan dengan berbagai macam cara namun dalam satu platform. Misalkan ada seseorang yang melakukan video call atau live streaming dan kita sebagai penonton memberikan komentar untuk seseorang tersebut dan dia merespon apa yang kita komentarkan maka hal ini tergolong daring singkron campuran.

Aplikasi: Instagram, Youtube, Facebook.

Itulah penjelasan mengenai apa itu komunikasi daring singkron beserta macamnya. Dengan terus berkembangnya kemajuan teknologi, tidak dapat menutup kemungkinan untuk memunculkan bentuk-bentuk baru dari komunikasi daring singkron. Dengan adanya internet tidak dapat kita pungkiri bahwa pengaruhnya sangat besar bagi kehidupan manusia. Sekarang tinggal bagaimana kita mempergunakan internet dengan bijak agar lebih bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.