Perbedaan Header Dan Footer Pada Microsoft Word

  • 3 min read
  • Okt 27, 2021

Pernahkah kamu menerima surat resmi dari sekolah? Pernah ya. Contohnya saat menjelang pengambilan laporan hasil ujian semester, biasanya kita sebagai siswa diberi surat dari sekolah untuk orang tua/wali supaya dapat menghadiri agenda pengambilan buku laporan di sekolah. Atau mungkin kamu pernah membaca buku tentang pelajaran, novel, dll? Pasti pernah ya? Lalu apa hubungannya dengan Header dan Footer seperti yang tertera pada judul artikel ini? Di sini kamu akan menemukan jawabannya!

Mengenal Header Pada Microsoft Word

Jika kamu cermati, di dalam surat tersebut terdapat bagian yang dinamakan KOP surat atau Kepala Surat di bagian atas surat. Di dalam KOP surat tersebut biasanya terdapat lambang sekolah, nama sekolah, dan informasi mengenai kontak serta alamat sekolah. Kita tidak akan membahas mengenai KOP surat di sini, namun perlu kamu ketahui, bahwa KOP surat tersebut merupakan contoh isi atau konten yang dituliskan pada bagian Header di Microsoft Word.

Di Microsoft Word, Header adalah salah satu bagian dari lembar dokumen yang terletak pada bagian atas, tepatnya di atas isi / konten dokumen utama.

 

Header dapat digunakan untuk macam-macam kebutuhan. Dalam surat menyurat, header biasanya digunakan untuk mencantumkan kepala surat / kop surat. Kemudian dalam contoh lain seperti jurnal ilmiah, header biasanya digunakan untuk mencantumkan nama jurnal, nomor jurnal, dan nama penulis jurnal sesuai dengan format dari lembaga yang menyelenggarakan publikasi jurnal ilmiah. Di dalam buku cetak, seperti buku materi, majalah, dan sejenisnya, header juga biasa dimanfaatkan untuk mencantumkan nomor halaman.

Salah satu manfaat dari penggunaan header adalah untuk mempermudah kita mencantumkan informasi yang sama di bagian atas halaman tanpa harus menulisnya satu per satu pada halaman-halaman berikutnya.

Jika kamu pernah membaca buku seperti buku materi, novel, dll, biasanya di bagian bawah halaman buku terdapat nomor halaman. Nomor halaman pada dasarnya tidak selalu ditulis di bagian bawah. Akan tetapi, nomor halaman yang ditulis pada bagian bawah halaman tersebut merupakan salah satu contoh penggunaan Footer di Microsoft Word.

Di Microsoft Word, Footer adalah salah satu bagian dari lembar dokumen yang terletak pada bagian bawah, tepatnya di bawah isi / konten dokumen utama.

Footer dapat digunakan untuk macam-macam kebutuhan. Pada jurnal ilmiah, header biasanya digunakan untuk mencantumkan nama jurnal, nomor jurnal, nomor halaman, atau nama penulis jurnal sesuai dengan format dari lembaga yang menyelenggarakan publikasi jurnal ilmiah. Di dalam buku cetak, seperti buku materi, majalah, dan sejenisnya, footer juga biasa dimanfaatkan untuk mencantumkan nomor halaman.

Salah satu manfaat dari penggunaan footer adalah untuk mempermudah kita mencantumkan informasi yang sama di bagian bawah  halaman tanpa harus menulisnya satu per satu pada halaman-halaman berikutnya.

Setelah kamu mengenal apa itu header dan apa itu footer, berikutnya kamu bisa menjawab pertanyaan “Apa perbedaan antara Header dan Footer?”. Berikut ini tabel perbedaan antara header dan footer.

Header Footer
Bagian dari lembar dokumen yang terletak di bagian atas Bagian dari lembar dokumen yang terletak di bagian bawah
Letaknya di atas isi dokumen utama Letaknya di bawah isi dokumen utama
Familiar digunakan untuk mencantumkan KOP pada surat Familiar digunakan untuk mencantumkan nomor halaman

Cara Menambahkan Header Pada Microsoft Word

Melalui Menu Insert

  1. Klik menu Insert pada menu bar di bagian atas halaman kerja microsoft word

  2. Klik Header


  3. Pilih Edit Header


Menggunakan Cara Cepat

  1. Arahkan pointer mouse ke bagian atas halaman.
  2. Double Click pada margin bagian atas dokumen (kertas).


Melalui Menu Insert

  1. Klik menu Insert pada menu bar di bagian atas halaman kerja microsoft word

  2. Klik Footer


  3. Pilih Edit Footer

Menggunakan Cara Cepat

  1. Arahkan pointer mouse ke bagian bawah halaman.
  2. Double Click pada margin bagian bawah dokumen (kertas).


Penutup

Demikian informasi mengenai Header dan Footer. Kamu dapat memanfaatkan fitur header dan footer lebih baik apabila kamu menggunakan Microsoft Word melalui Laptop atau Komputer daripada melalui Smartphone. Kamu juga bisa memanfaatkan header dan footer sesuai dengan keperluanmu dalam menulis dokumen. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • support.microsoft.com

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.