Komunikasi Dalam Jaringan : Pengertian Komunikasi Daring

  • 3 min read
  • Okt 29, 2021
Komunikasi Dalam Jaringan

Setiap hari kita selalu bertukar informasi setidaknya dengan orang-orang terdekat kita seperti orang tua, kakak, adik, saudara, dll. Proses pertukaran informasi merupakan bagian dari proses komunikasi. Dalam berkomunikasi kita dapat memanfaatkan berbagai media yang memungkinkan kita berkomunikasi dalam jarak dekat maupun jarak jauh.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini kita menjadi mengenal internet. Kita dapat memanfaatkan internet untuk berkomunikasi dengan orang lain. Internet merupakan jaringan yang menghubungkan berbagai perangkat di berbagai tempat sehingga dapat bertukar data dan informasi satu sama lain.

Proses komunikasi melalui internet membuat kita seolah tidak memiliki batas dinding satu sama lain. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berjauhan hingga beribu-ribu kilometer dengan mudah. Tidak hanya komunikasi satu arah, proses komunikasi di dalam internet juga bekerja untuk komunikasi dua arah.

Berkomunikasi di dalam internet artinya kita berkomunikasi dalam jaringan. Jaringan mempunyai banyak node atau titik-titik yang saling terhubung. Oleh sebab itu, kita juga dapat berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus dalam waktu yang serempak

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan secuil informasi mengenai komunikasi dalam jaringan. Untuk itu kami berharap supaya kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti berikut ini setelahnya.

  • Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai komunikasi daring?
  • Apa yang dimaksud dengan komunikasi dalam jaringan dan berikan contohnya!
  • Jelaskan mengenai komunikasi daring dan contoh aplikasinya!

Pengertian Komunikasi Daring

Setelah kita memahami tentang komunikasi, selanjutnya kita pahami Pengertian Komunikasi Daring. Komunikasi Dalam Jaringan atau Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi dengan penyampaian dan penerimaan pesan melalui/menggunakan jaringan komputer. Di dalam jaringan komputer terdapat media elektronik untuk berkomunikasi yaitu dunia maya atau cyberspace.

Apabila kita sering mendengar orang berkecimpung di dunia maya, itu merupakan bentuk contoh orang yang aktif berkomunikasi melalui media elektronik dalam jaringan komputer yang terhubung dengan banyak orang di dunia.

Beberapa ahli juga menjelaskan pengertian komunikasi daring atau komunikasi online sesuai dengan sudut pandang dan pemikiran mereka. komunikasi daring disebut juga komunikasi online atau komunikasi virtual. Berikut ini merupakan pengertian komunikasi daring menurut para ahli. Menurut mereka, komunikasi daring adalah :

  1. Komunikasi dimana proses penyampaian dan penerimaan pesan dengan menggunakan (melalui) cyberspace / ruang maya yang bersifat interaktif. (Werner J. Severin, 2001)
  2. Interaksi secara interpersonal yang dihubungkan oleh komputer, yang meliputi komunikasi asynchronous dan synchronous melalui fasilitas dalam internet. (Adilla Afifah, 2015)
  3. Salah satu jalur penyampaian pesan lewat media massa yang distribusinya melalui jaringan internet, dimana cara penyampaiannya bersifat luas, up to date (terkini), interaktif, dan two way communication. (M. Wahyu Adiyanto, dkk., 2018)
  4. Komunikasi yang dilakukan secara interaktif menggunakan media internet. (Moh Soehadha, 2021)

Jenis-jenis Komunikasi Daring

Komunikasi daring terbagi menjadi dua berdasarkan metode penyampaian. Berdasarkan metode penyampaian, komunikasi daring terdiri dari komunikasi synchronous (sinkron) yang artinya komunikasi secara realtime dan komunikasi asynchronous yang artinya komunikasi secara delayed.

1. Komunikasi synchronous / Komunikasi Sinkron

Merupakan komunikasi melalui internet dan terjadi secara serempak dalam waktu nyata (real time).

Contoh:

  • Text chat (WA, Telegram, FB Messenger, dll)
  • Video chat (WA video call, Line Video Call, dll)
  • Video Conference (Zoom, Google Meet, Ms. Team dll)

2. Komunikasi asynchronous / Komunikasi Asinkron

Merupakan komunikasi melalui internet dan dilakukan secara tunda, yaitu pengirim dan penerima pesan tidak berada pada posisi waktu dan tempat yang sama namun pesan tetap tersampaikan kepada penerima tertuju.

Contoh:

  • E-mail (Google Mail, Yahoo Mail, Outlook, dll)
  • Forum (Kaskus, Stack Overflow, Reddit, FB group, dll)
  • Blog (Blogger, WordPress, Google Site, dll)
  • Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, dll)
  • Website

Tujuan Pengembangan Komunikasi Daring

Berikutnya kita berbicara mengenai tujuan. Tujuan dalam pengembangan komunikasi dalam jaringan adalah:

  • Meningkatkan kecepatan dan jangkauan dalam melakukan komunikasi daring
  • Mengurangi biaya dan penyediaan perangkat sekaligus meningkatkan efisiensi. Contohnya seperti jaringan yang semulanya memerlukan kabel banyak menjadi wireless atau tanpa kabel
  • Mengembangkan berbagai bentuk file / berkas yang dapat ditransmisikan melalui komunikasi dalam jaringan
  • Meningkatkan efektifitas dalam mengelola arus komunikasi jaringan, sehingga keamanan lebih terjaga. Selain itu juga mengurangi kemungkinan masalah-masalah yang menghambat arus komunikasi dalam jaringan

Kuis singkat

Berikut tujuan komunikasi daring, kecuali …

a. Efisien dalam waktu dan biaya

b. Memudahkan akses

c. Meningkatkan efisiensi pertemuan

d. Media untuk mempengaruhi seseorang

e. Meningkatkan kualitas pertemuan​

Jawaban : e. Meningkatkan kualitas pertemuan

Ciri-ciri komunikasi daring, kecuali …

a. Hemat biaya

b. Tidak berbatas tempat

c. Tidak berbatas waktu

d. Jangkauan sempit

e. Terintegrasi dengan fasilitas TIK

Jawaban : d. Jangkauan sempit

Jenis komunikasi jaringan dilakukan secara serempak disebut juga …

a. Blog

b. E-mail

c. Status

d. Sinkron

e. Asinkron

Jawaban: d. Sinkron

Penutup

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Berkomunikasi secara daring / online memang mempermudah manusia. Akan tetapi, sebaik-baik berkomunikasi adalah dengan cara bertatap muka secara langsung. Tetaplah berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang terdekat. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

One thought on “Komunikasi Dalam Jaringan : Pengertian Komunikasi Daring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.