Mengenal Internet : Apa itu Internet?

  • 4 min read
  • Des 20, 2021

Mengenal Internet.

Internet merupakan suatu teknologi yang saat ini sudah sangat akrab pada kehidupan kita sehari-hari. Artikel ini didasarkan pada pembelajaran di tahun 2012 dan akan menjabarkan secuil tentang apa itu internet, sejarah dan perkembangannya serta manfaat internet bagi kehidupan sehari-hari.

Pengertian Dasar Internet

Internet merupakan kependekan dari internaconnected network, sebagaimana didefinisikan menurut KBBI yaitu jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit berinternet.

Pengertian-pengertian lain juga dijelaskan oleh beberapa ahli di bidangnya seperti berikut ini.

  1. Komunikasi Jarkom (Jaringan Komunikasi) global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun berbeda sistem operasi dan mesin. (Menurut Ahmadi & Hermawan, 2013)
  2. Sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. (Menurut Termas Media)
  3. Sistem jaringan komputer global yang saling terhubung menggunakan protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat komputer di seluruh dunia. (Menurut Fajar Hidayanto & M. Zidni Hilmi, 2015)

Dari pengertian tersebut dapat kita temukan kesimpulan bahwa pada dasarnya, internet merupakan sistem jaringan komputer global di dunia yang saling terhubung dan terorganisasi melalui suatu protokol meskipun berbeda-beda mesin dan sistem operasinya.

Mengenal Aplikasi-Aplikasi Internet

E-mail (Electronic Mail)

Merupakan surat elektronik, yaitu aplikasi internet untuk sarana berkomunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik atau digital, bukan dalam bentuk kertas fisik.

Beberapa situs yang menyediakan layanan e-mail di antaranya adalah Yahoo Mail, Google Mail, Microsoft Outlook, dan sebagainya.

File Transfer Protocol

Kita bisa menyingkatnya dengan FTP, yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan dan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. Bahasa mudahnya untuk sekarang adalah FTP berguna untuk download/mengunduh atau upload/mengunggah file.

Gopher

Aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun informasi yang kita dapatkan hanya sebatas teks saja. Oleh karena itu, saat ini orang sangat jarang dan hampir tidak pernah menggunakan gopher lagi dan lebih cenderung menggunakan www.

Internet Relay Chat

Kita bisa memendekkannya menjadi IRC, yaitu aplikasi internet untuk bercakap-cakap di internet. Orang sekarang lebih mengenal percakapan seperti ini dengan istilah Chatting.

Mailing List

Kita juga menyebutnya dengan Milis, merupakan aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.

News Group

Merupakan aplikasi internet yang berguna untuk komunikasi satu sama lain dalam suatu forum. Umumnya, setiap forum mempunyai ketertarikan topik diskusi yang berbeda-beda sehingga hanya membahas topik-topik tertentu saja pada forum tertentu pula.

Ping

Merupakan kependekan dari Packet Internet Gopher, berguna untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain pada suatu jaringan. Istilah ping juga sempat populer pada aplikasi Blackberry Messenger pada tahun 2013-an untuk mengetahui keterhubungan antara akun kita dengan akun lain yang kita ajak berkomunikasi.

TelNet

Merupakan aplikasi internet yang berguna untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Telnet dapat kita gunakan apabila kita mempunyai IP Address dengan User dan Password ke komputer tujuan.

Mengenal Pengertian ARPA dan ARPANET

Saat ini kita akan membahas mengenai ARPA dan ARPANET, artinya kita juga sedang mempelajari sejarah perkembangan Internet.

Pada mulanya tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menjalani proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) dan membentuk jaringan komputer yang kita kenal sebagai Internet saat ini.

Tujuan proyek tersebut adalah untuk keperluan militer (pada dasarnya teknologi-teknologi yang kita nikmati hingga saat ini adalah buah dari proyek militer yang dipublikasikan untuk umum). Pada saat itu Departemen tersebut membuat sistem jaringan komputer yang menghubungkan komputer pada daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah apabila terjadi serangan nuklir, serta untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang dapat menyebabkan apabila terjadi perang maka dapat mudah dihancurkan.

Mereka mendemonstrasikan bagaimana kita berkomunikasi dalam jarak yang tak terhingga melalui saluran telepon dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX.

Proyek ARPANET ini merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, hingga akhirnya semua standar yang mereka tentukan tersebut menjadi cikal bakal pembangunan suatu protokol baru yang kita kenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

Awalnya ARPANET menghubungkan hanya 4 situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan Universtiy of Utah.  Kemudian ARPANET dikenalkan secara umum pada tahun 1972 dan berkembang pesat di seluruh daerah tidak lama setelah itu.

Semua universitas ingin bergabung, ARPANET mengalami kesulitan untuk mengelolanya, oleh karena itu ARPANET dipecah menjadi 2 bagian yaitu MILNET untuk militer dan ARPANET untuk keperluan non-militer.

Mengenal Simbol @ At

Modern ini kita mengetahui simbol @ (at) tertulis pada email setiap personal seperti example@gmail.com, example@yahoo.co.id, dan sebagainya.

Simbol @ (at) pada kaitannya dengan teknologi internet ini lahir berikut dengan e-mail. Roy Tomlinson, merupakan pencipta email dan orang yang memilih simbol @ untuk digunakan pada alamat e-mail.

Roy Tomlinson berasal dari Amsterdam, New York, dan bersekolah di Renssealer Polytechnic Institute dan MIT pada tahun 1960. Beliau lahir pada 23 April 1941 dan bekerja pada suatu perusahaan riset dan pengembangan Bolt Beranek dan Newman yang kini menjadi Raytheon BBN Technologies. Kemudian Tomlinson menciptakan e-mail sewaktu bekerja di kantor perusahaan yang berada di Chambridge Massachuetts.

Saat ini simbol @ (at) bersama dengan email menjadi simbol yang sangat berguna dalam dunia bisnis maupun urusan sehari-hari.

Tomlinson memilih @ (at) untuk menghubungkan username dengan alamat pengguna dan menjadi bagian dari bahasa komunikasi internasional. Kuzman menyebut Tomlinson melihat ke keyboard dan membutuhkan sesuatu yang logis untuk digunakan pada email.

Namun berita duka, saat ini Roy Tomlinson sudah menutup usianya pada usia 74 tahun pada Maret 2016 lalu. Penemuannya menjadi sesuatu yang mengembangkan cara komunikasi dan sangat bermanfaat di dunia saat ini.

Mengapa Internet Berkembang dengan Cepat?

Alasan suatu teknologi diciptakan tak lain adalah untuk memudahkan manusia dalam berkegiatan. Internet merupakan teknologi modern yang diciptakan oleh manusia.

Internet memungkinkan seseorang berkomunikasi melalui perangkat elektronik dengan orang di tempat lain yang sangat jauh, sehingga diibaratkan seperti tidak ada lagi tembok penghalang untuk berkomunikasi, dan tidak ada lagi jarak untuk berkomunikasi.

Penemuan ini membuat segala sesuatu konvensional berubah menjadi berkembang, beradaptasi menyesuaikan dengan perkembangan internet. Internet merubah semua pola kegiatan manusia di dunia dan sangat memudahkan. Peluang ini membuat internet terus berkembang dengan pesat.

Internet mempunyai manfaat sangat beragam seperti di bidang pendidikan/akademik, bisnis, perkantoran, keamanan, sosial, entertainment dan sebagainya. Manfaat-manfaat ini membuat turunan manfaat-manfaat lainnya, sehingga bukan tidak mungkin, internet akan membawa manusia dapat berkomunikasi bersama dengan aktivitas secara virtual.

Penutup

Artikel ini dibuat berdasarkan pada pendidikan IT tahun 2012 dengan tujuan mengingatkan informasi dan pengetahuan dasar di tengah perkembangan pesat teknologi dan ilmu pengetahuan. Beberapa teknologi yang dijabarkan pada artikel ini mungkin sudah tidak relevan dengan kehidupan modern di tahun 2020-an sekarang, namun bagaimanapun perjalanan evolusi tetap harus kita pahami agar pondasi pengetahuan tidak rontok termakan usia. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.