Kenali Daftar Software Aplikasi Pengolah Kata Berikut di Komputer!

  • 3 min read
  • Agu 08, 2022
Kucing Depan Laptop

Pada Mulanya

Mengolah kata menjadi susunan kalimat yang membentuk paragraf yang padu merupakan salah satu pekerjaan utama seorang penulis. Namun tidak hanya itu, hampir seluruh bidang pekerjaan juga memerlukan kemampuan mengolah kata.

Dahulu, di era sebelum 2000-an, orang-orang mengolah kata atau membuat surat dengan menulis manual menggunakan tinta, sedangkan untuk yang bermesin bisa menggunakan mesin ketik atau orang-orang menyebutnya mesin “tik”.

Di zaman ini sudah serba modern. Banyak bagian kehidupan yang kita jalani terbantu oleh adanya aplikasi-aplikasi baik di komputer maupun smartphone. Begitu pula kebutuhan untuk pengolahan kata juga sudah terbantu dengan adanya aplikasi atau software pengolah kata yang semakin kesini semakin canggih fitur-fiturnya.

Dalam beberapa referensi, mungkin kita akan dikenalkan dengan sederet software / perangkat lunak pengolah kata seperti:

  1. Wordstar
  2. ChiWriter
  3. WordPerfect
  4. Microsoft Word
  5. KWrite
  6. AmiPro

Dari sederet software tersebut, hanya beberapa software yang cukup familiar beredar di publik yang masih bertahan dan terus berkembang mengikuti kebutuhan zaman.

Macam-macam Software Aplikasi Pengolah Kata

Terdapat beragam software lainnya yang beredar saat ini dan banyak penggunaannya untuk aktivitas menulis serta masih bisa kita rekomendasikan untuk penggunaan sehari-hari di antaranya sebagai berikut:

Microsoft Word

Merupakan software pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft Word banyak digunakan saat ini karena tampilan antarmuka yang familiar, mudah dipelajari, dan banyak sumber dokumentasi yang bisa kita gunakan untuk mempelajari Microsoft Word ini. Karena merupakan produk Microsoft, beberapa laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows (Windows juga produk Microsoft) sudah dibekali software ini.

Gambar Lembar Kerja Ms. Office Word

Google Docs

Merupakan Software pengolah kata yang bisa kita akses secara online yang dikembangkan oleh Google. Software ini memungkinkan untuk kita gunakan bekerja bersama-sama secara realtime dengan siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Perkembangannya saat ini menyerupai software Microsoft Word, sehingga sangat familiar dan mudah dipelajari dari berbagai sumber belajar yang tersedia di buku, internet, maupun youtube.

Gambar Lembar Kerja Google Docs Dokumen

Libre Office Writer

Libre office digadang-gadang merupakan alternatif terbaik Microsoft Word karena software ini cukup familiar dengan Microsoft Word, tersedia banyak sumber belajar di internet serta lisensi software yang Open-Source, sehingga siapapun dapat menggunakan software ini secara gratis tanpa biaya langganan.

Gambar Lembar Kerja Libre Office Writer

Dropbox Paper

Merupakan software pengolah kata serupa dengan Google Docs yang bisa kita akses secara online yang dikembangkan oleh Dropbox. Software ini juga bisa kita gunakan untuk berkolaborasi dalam bekerja pada suatu dokumen bersama dengan orang lain dalam satu waktu.

Gambar Lembar Kerja Dropbox Paper

WordPerfect

Merupakan software pengolah kata yang sudah dikenal dari era 90-2000an bersaing dengan Microsoft Word. Software ini memerlukan lisensi berbayar seperti halnya Microsoft Word. Beberapa instansi juga menggunakan WordPerfect karena kehandalannya dan kompabilitasnya.

Gambar Lembar Kerja WordPerfect

WPS Office Writer

Merupakan software pengolah kata yang terkenal untuk platform Android, namun software ini juga tersedia untuk platform Windows, MacOS, dan Linux. Pengguna memilih WPS office writer karena keterjangkauannya dan ketersediaan di berbagai platform. Kabarnya software ini juga kompatibel untuk dokumen-dokumen Microsoft Office.

Gambar Lembar Kerja WPS Office Writer

Office Online Word

Merupakan software pengolah kata yang bisa kita sebut sebagai Microsoft Word versi Online, bersaing dengan Google Docs memberikan opsi antarmuka Microsoft Word namun dapat berkolaborasi dengan pengguna lain dalam pekerja pada suatu dokumen, sehingga software ini sangat cocok untuk pengguna yang menginginkan tetap bersama Microsoft Word namun bisa bekerja secara online.

Gambar Lembar Kerja Office Online Word

Jangan Salah Pilih Software Pengolah Kata

Setiap software pengolah kata mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing, semua itu kembali kepada kebutuhan setiap pengguna. Namun yang paling penting adalah kompatibilitas mengingat keberagaman software yang tersedia. Karena jangan sampai ketika kita bekerja menggunakan suatu software kemudian kita menyerahkan berkasnya ke orang lain yang menggunakan software yang berbeda, ternyata mereka tidak bisa mengaksesnya.

Era ini merupakan era kolaboratif, sehingga kita harus bijak dalam memilih suatu alat untuk menunjang kebutuhan kita dalam bekerja maupun kebutuhan sehari-hari karena perangkat lunak yang tersedia saat ini sangat beragam dan sangat kompetitif. 

“Ngetik” Jadi Skill Dasar Generasi Milenial

Perlu kita pahami juga bahwa mempelajari software pengolah kata di zaman ini sangat penting, karena akan selalu ada kebutuhan kita yang berkaitan dengan mengolah kata dan menjadikannya ke dalam sebuah dokumen digital maupun fisik. Platform belajar tersebut juga sudah banyak tersedia baik di sekolah, buku, artikel internet, dan youtube.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, terima kasih sudah membaca.

Post Terkait :

One thought on “Kenali Daftar Software Aplikasi Pengolah Kata Berikut di Komputer!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *